(BEST PRACTICE) MENGGUNAKAN METODE STAR (SITUASI, TANTANGAN, AKSI, REFLEKSI HASIL DAN DAMPAK) TERKAIT PENGALAMAN MENGATASI PERMASALAHAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN
——————————-
Oleh: Ni Komang Mariani, S.Kom
——————————
Peralihan PJJ ke PTM mengakibatkan menurunnya motivasi belajar siswa, terjadinya penurunan numerasi pada saat PJJ mengakibatkan banyak perubahan sikap pada peserta didik yang berdampak pada pembelajaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar adalah cita-cita atau apresiasi siswa, kondisi jasmani atau rohani siswa, lingkungan siswa, unsur-unsur lingkungan dinamis belajar, dan upaya guru membelajarkan siswa (Sudaryono, 2012). Oleh karena itu, siswa merasa bosan pada saat pembelajaran di kelas karena terbiasa bermain dirumah dengan teman saat PJJ. Perubahan yang terjadi seperti, Rendahnya motivasi belajar siswa di kelas, Malas mengerjakan tugas yang diberikan guru, Sering mengobrol pada saat pembelajaran, Malu dalam mengungkapkan pendapat, dan Ingin cepat pulang saat berada di sekolah. Kondisi ini diperburuk dengan kurangnya pemanfaatan media ajar dan model pembelajaran yang inovatif yang diimplementasikan guru di kelas. Selengkapnya klik https://drive.google.com/file/d/113LbwhlgorxQNV58s53kGfpOQ-cfloPH/view
———————————
#SMK#BISA#HEBAT#
#STIK#MAS#MANTAP#
#BEST#PRACTICE