PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PRODUKTIF KOMPETENSI PERAWATAN BADAN BODY MASSAGE SISWA KELAS XII TATA KECANTIKAN KULIT & RAMBUT SMK NEGERI 1 MAS, UBUD TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Oleh :

NI PUTU DELIA WULANSARI

ABSTRAK

Kurangnya prestasi belajar siswa kelas XII Tata Kecantikan Kulit & Rambut akibat informasi yang kurang dipahami siswa dalam pembelajaran dan karakteristik kelas yang heterogen merupakan latar belakang diterapkannnya metode tutor sebaya untuk meningkatkan aktivitas belajar Mata Pelajaran Produktif Kompetensi Perawatan Badan (Body Massage). Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Produktif Kompetensi Perawatan Badan (Body Massage) siswa Kelas XII Tata Kecantikan Kulit & Rambut SMK Negeri 1 Mas, Ubud dengan penerapan metode tutor sebaya.

Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XII Tata Kecantikan Kulit & Rambut, Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Data mengenai prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar.

Hasil penelitian ini menunjukkan metode tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII Tata Kecantikan Kulit & Rambut SMK N 1 Mas, Ubud. Pada tes siklus I rata-rata skor 68,23, setelah dilakukan siklus II rata-rata skor meningkat sebesar 11,00 yaitu menjadi 79,23, dan pada akhir siklus III rata-rata skor siswa adalah 83,37, meningkat sebesar 4,14.

Kata-kata kuncimetode pembelajaran, tutor sebaya, prestasi belajar kompetensi Perawatan Badan (Body Massage) , rata-rata skor