Logo

KOMPETENSI KEAHLIAN TKJ

1. Sekilas Tentang Kompetensi Keahlian TKJ

Program keahlian teknik komputer dan jaringan atau yang biasa disingkat TKJ merupakan salah satu program keahlian berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkait kemampuan algoritma, dan pemrograman komputer, perakitan komputer, perakitan jaringan komputer, dan pengoperasian perangkat lunak, dan internet. Umumnya program keahlian TKJ dapat ditemukan pada satuan pendidikan di STM/SMK. Secara historis program keahlian TKJ telah ada bersamaan dengan berdirinya SMK N 1 MAS UBUD. Dapat dikatakan bahwa program keahlian TKJ dan MM merupakan program keahlian pertama yang dibuka di SMK N 1 MAS UBUD. Secara konsisten, program keahlian TKJ SMK N 1 MAS UBUD telah banyak mencetak lulusan yang kopeten dan memiliki daya saing di duia kerja. Untuk mencetak lulusan tersebut program keahlian TKJ secara konsisten mengupdate sarana dan prasarana penunjang pembelajaran baik ruangan, alat-alat praktikum sampai penyelarasan kurikulum dengan DU/DI.

Saat ini, program keahlian TKJ memiliki lab praktikum yang dilengkapi dengan alat-alat yang dibutuhkan oleh peserta didik seperti, PC untuk praktik merakit komputer, perlengkapan instalasi jaringan dan lain sebagainya. Selain ruang praktikum, program keahlian TKJ juga memiliki ruang pembelajaran teori yang nyaman dilengkapi dengan cctv dan lcd proyektor.

Selain hal yang disebutkan di atas, proses pembelajaran tidak akan berjalan maksimal jika tidak ditunjang oleh guru yang kompeten. Guru pada program keahlian TKJ dilengkapi dengan sertifikat kompetensi yang menandakan guru pengajar program keahlian TKJ memiliki profesionalisme dalam bidangnya.

Pada penerimaan siswa baru, program keahlian TKJ terus mengalami peningkatan jumlah peminat, hal tersebut dibuktikan dari tahun ke tahun jumlah peserta didik pada program keahlian TKJ meningkat. Saat ini tercatat kelas x program keahlian TKJ mendapatkan peserta didik baru sebanyak 40 siswa.