IMPLEMENTASI LMS MOODLE DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENTS DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN ION DAN TATA NAMA SENYAWA KIMIA DI KELAS X MM SMKN 1 MAS UBUD
Oleh :
I.G.A. Trisna Utami, S.Pd
E1M220011
Jurusan Pendidikan Kimia
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kimia di kelas X MM SMKN 1 Mas Ubud melalui implementasi LMS Moodle dan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievements Divisions (STAD). Jenis penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Adapun subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X MM SMKN 1 Mas Ubud tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 36 orang siswa.
Analisis data yang digunakan pada pelaksanaan PTK ini adalah analisis kuantitatif dengan menghitung rata-rata hasil belajar siswa dan ketuntasan klasikal kelas yang diperoleh baik pada siklus I hingga siklus III. Selain itu, dilakukan juga pengamatan aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung melalui lembar observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata hasil belajar siswa yang diukur pada siklus I hingga siklus III meningkat signifikan dari 63 menjadi 77,92. Ketuntasan klasikal kelas pun meningkat dari 40,54% pada siklus I menjadi 83,33% pada siklus III. Dengan demikian, tujuan pelaksanaan PTK telah tercapai karena terjadi perubahan perilaku yang positif pada diri peserta didik seluruhnya atau setidaknya sebagian besar (75%).
Kata-kata Kunci : Model STAD, LMS Moodle, Hasil Belajar
Lebih lanjut mengenai artikel PTK ini bisa dilihat pada link berikut ini :
https://drive.google.com/file/d/1_w4-Cz0GElgrgEqhQZ6Yf_3VmxgAcrMR/view?usp=sharing