Logo
images

PERAYAAN TUMPEK UYE DI SMK N 1 MAS UBUD

Sabtu, 27 Agustus 2022 Dalam rangka memperingati Pitenget Rahina Tumpek Uye atau Tumpek Kandang, Keluarga Besar SMKN 1 Mas Ubud melaksanakan serangkaian kegiatan. Diawali dengan Persembahyangan bersama dan dilajutkan dengan pelepasan ikan yang diikuti oleh seluruh warga SMKN 1 Mas Ubud.

 

Serangkaian kegiatan ini merupakan implemntasi Instruksi Gubernur Bali Nomor 1 Tahun 2022 Tentang “Perayaan Rahina Tumpek Uye Dengan Upacara Danu Kerthi Sebagai Pelaksanaan Tata-Titi Kehidupan Masyarakat Bali Berdasarkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Sad Kerthi Dalam Bali Era Baru”.

Acara diawali dengan persembahyangan bersama yang bertempat di Area Sekolah. Persembahyangan diikuti oleh seluruh warga sekolah. Setelahnya, dilakukan juga kegiatan pelepasan ikan di telabah Br. Bangkilesan oleh Kepala SMKN 1 Mas Ubud Drs. I Wayan Sunita, MM., M.Pd, diikuti oleh Ibu/Bapak Guru dan Pegawai, beserta peserta didik SMKN 1 Mas Ubud.

"Ini hanya sebagai sebuah simbol, dimana kita akan melestarikan seluruh kehidupan fauna yang ada dimuka bumi ini. Astungkara semua habitat- habitat fauna baik di air, di darat, di laut maupun di udara yang naturial semua nya bisa tetap asri" ujar Bapak Kepala SMKN 1 Mas Ubud, Drs. I Wayan Sunita, MM., M.Pd dalam perayaan Rahina Tumpek Uye pada Sabtu, 27 Agustus 2022.

 

Dengan perayaan Rahina Tumpek Uye atau Tumpek Kandang ini, diharapkan kita dapat hidup berdampingan, tidak hanya dengan manusia, dengan tumbuhan tetapi ciptaan tuhan yang lain yakni binatang.

 

---------------------------

#SMK#BISA#HEBAT#

#STIK#MAS#MANTAP#

 


TAG

Tinggalkan Komentar