Logo
images

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan LKPD Terintegrasi dengan PPT Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Akuntansi pada Materi Bentuk Akar dan Logaritma

 

Oleh :

Ni Wayan Yuli Kusumawati, S.Pd

  

Penyusunan best practise ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar  siswa Kelas X Akuntansi melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Berlangsung pada bulan September  tahun 2022. Subjek Penelitian adalah siswa kelas X Akuntansi semester ganjil SMK Negeri 1 Mas-Ubud tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 35 orang yang terdiri atas 3 laki-laki dan 32 perempuan. Berdasarkan hasil praktek pembelajaran  dapat disimpulkan melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar  siswa pada materi bentuk akar dan logaritma. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil penilaian sikap siswa pada setiap pertemuan pada Aksi 1 dan 2 terlihat meningkat. Hal ini ditunjukkan dari meningkatnya rasa percaya diri siswa saat berbicara, siswa bertambah aktif dalam menjawab pertanyaan dan tugas, lebih bertanggungjawab dalam kelompoknya, dan lebih disiplin dalam kelas. Penilaian Pengetahuan pada pertemuan I  siswa di kelas masih ada 7 orang yang memperoleh nilai di bawah KKM dari 35 siswa,dengan presentase 80 % yang sudah tuntas  dan 20% belum tuntas serta ada siswa yang mendapatkan nilai pas dengan KKM, karena masih belum benar dalam mengerjakan soal HOTs, masih kurang optimal, terutama soal nomer 4 dan 5 yang sudah mencapai  level C4 (menganalisis), Rata  - rata kelasnya  87,71 dan pada pertemuan II  masih  ada siswa  memperoleh nilai dibawah KKM 5 orang , yaitu nilai pas KKM  70, 1 orang   dari 35 siswa , dengan ketuntasan 85,71%  tetapi masih ada beberapa siswa mengalami kesalahan dalam mengerjakan soal HOTs dengan rata-rata kelas 88,56 sudah ada peningkatan dibandingkan dengan pertemuan 1, jika dibandingkan dengan rata-rata kelas  pada aksi 1 juga ada peningkatan dari  pertemuan 1( 75,60 ) dan pertemuan 2 (77,68)

Penilaian Ketrampilan, saat diskusi siswa sudah mulai aktif, saat mengerjakan LKPD mereka sangat  antusias serta mereka saling berinteraksi dengan temannya, kemampuan menganalisis soal serta berusaha menanyakan tentang soal yang belum dipahami, serta keterampilan mereka mempresentasikan hasil pekerjaan mulai ada peningkatan dan sudah mulai terlihat.

  

Kata-kata Kunci: model pembelajaran problem based learning, motivasi belajar  siswa.

selengkapnya klik di sini https://drive.google.com/file/d/1i-VFbAc39W0p50F1W_RvnSkMfHGE5Io6/view?usp=sharing


TAG

Tinggalkan Komentar