Logo
images

GURU TAMU DARI ALAYA RESORT HOTEL UBUD

Senin, 06 Desember 2021.

 ---------------------------------------------------

Kali ini giliran Kompetensi Keahlian Perhotelan dan Jasa Pariwisata (AP) kelas XI SMK N 1 Mas Ubud yang mengundang pihak IDUKA sebagai guru Tamu. Hujan lebat yang mengguyur daerah Mas dari pagi hingga tengah hari tidak mengurangi antusiasme dan semangat pihak IDUKA, kali ini Alaya Resort Hotel Ubud dihadirkan untuk berbagi pengalaman di dunia industri. Dalam kesempatan ini General Manager Alaya Mrs. Dewi Mas yang memiliki nama lengkap Ida Ayu Dewi Brahmanita Mas, CHA, CHT berkenan hadir untuk membagi ilmunya tidak hanya kepada peserta didik tetapi juga para pengajar di jurusan AP. Mrs. Dewi Mas tidak datang sendiri, beliau ditemani Mrs. Ni Kadek Susanti (Asst. Manager HR di HR Departemen), dan Mrs. Ni Putu Nila Kresna Wardani (Director of Sales). Gimana mantap bukan,! Pastinya pengalaman yang dibagikan pasti sangat bermanfaat!! Mantap!

  

Dipandu langsung oleh Ibu Dewi Mas, beliau membagi pengalamannya merintis karir hingga sampai diposisi saat ini. Sekedar info nihh….. Alaya itu ada beberapa di Bali loh, dan Beliau merupakan General Manager (GM) dari semua Alaya tersebut. Gimana!?? Mantap kan! Sudah pasti! 

Selain berbagi pengalaman, Ibu Dewi Mas memberikan kesempatan peserta didik untuk menjawab beberap pertanyaan yang beliau lontarkan “mengapa memilih perhotelan? Apa karena passion? Karena tidak ada pilihan lain? Karena dorongan dari orang tua, atau hanya ikut-ikutan teman!. Lanjutnya, karena bidang ini memerlukan sebuah passion, dimana dari Jabatan GM sampai karyawan harus siap jadi kacung (pelayan). Tidak memandang anda dari kasta mana, tidak memandang anda dari strata hidup mana, kalian harus siap melayani, tidak hanya sekedar melayani, namun harus melakukan pelayanan dari hati. Jika anda tidak suka berhubungan dengan orang banyak/ melayani orang lain, berarti Hospitality bukan passion anda.” tegasnya!.

 Bener banget! Dalam dunia industri pariwisata “istilah global village” yang dipopulerkan oleh McLuhan secara tidak langsung, kita sudah ada di dalamnnya. oleh sebab itu mengembangkan sikap terbuka namun tetap mawas diri menjadi sebuah keharusna. Sikap terbuka tersebut dalam dunia kerja dapat dicontohkan dengan tindakan kerjasama.  

  

Lebih jauh beliau juga menyinggung mengenai value dan culture yang berbeda di setiap perusahaan. “Kita harus paham budaya kerja dimasing-masing tempt kerja, bisa saja teori yang dipelajari di sekolah, akan berbeda dengan kenyataan di lapangan”.

 

Hmmm,, kebayang gax sih jika geliat pariwisata Bali tidak dihantam Covid 19, sudah pasti super sibuk, apalagi momen NATARU. Kita tidak perlu sedih dan risau, mengingat bukan kali ini saja pariwisata Bali dihadapkan pada situasi sulit, Bom Bali, SARS merupakan segelintir batu sandungan bagi pariwisata Bali. Pariwisata Bali pasti bangkit!!

 

Oke kita kembali…….

Kerjasama SMK dengn IDUKA secara umum adalah memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk dapat melaksanakan magang di dunia industri. Magang yang dilakukan haruslah menunjukan sikap-sikap yang positif, etos kerja dan bukan tindakan “semau gue” ingat kita ini “SMK” yang kita hadapi adalah sekumpulan orang yang memiliki budaya tepat waktu dan keteraturan. Oleh sebab itu sikap disiplin, sopan santun, tegur sapa wajib dikembangkan. Beliau juga berpesan “Sistem management mementingkan Attitude dan Learning procces (mau belajar) bukan hanya sekedar nilai raport saja. Jangankan masih tahap pelajar, setelah bekerjapun masih harus terus belajar. Kegagalan adalah fase untuk belajar lebih keras. Siswa harus siap belajar budaya kerja sebagai karyawan, memahami SOP (Standard Operating Procedure), menjaga nama baik diri, sekolah dan perusahaan”.

 

Materi yang disampaikan oleh IDUKA sebagai guru tamu kali ini diharapkan mampu menyiapkan peserta didik terjun ke dunia industri, memberikan gambaran tentang apa yang akan mereka lakukan dan perlu disiapkan, juga mampu menggali potensi mereka sehingga siap menghadapi kompetisi ke depannya. Berharga banget-kan informasi yang dibagi oleh Ibu Dewi Mas.

 

Terimakasih Alaya Resort Hotel Ubud sudah berkenan hadir dan berbagi pengalamam di SMK N 1 Mas Ubud, semoga apa yang disampaikan dapat diterjadikan oleh peserta didik khususnya jurusan AP. Sebagai penutup, bolehlah kita mengutip pernyataan dari Ibu Dewi Mas “Jadilah insan yang berani mendapatkan pengalaman luar biasa, tidak hanya pengalaman yang biasa-biasa saja, Otoritas ada ditangan kita masing-masing. Good luck all”.

 

-------------------

AUDY N-ews

----------------------------------

#SMK#BISA#HEBAT#

#STIK#MAS#MANTAP#


TAG

Tinggalkan Komentar