Logo
images

GURU TAMU DARI AKUNTANSI BELAJAR BERWIRAUSAHA

Seperti yang diharapkan, lulusan SMK haruslah memiliki kompetensi keterampilan lebih dibandingkan pendidikan umum. Oleh sebab itu pemberian porsi materi seharusnya berjalan beriringan dengan situasi yang ada di dunia industi. Untuk itu, peningkatan kompetensi tenaga pendidik hingga jalinan kerjasama antar sekolah dengan IDUKA wajib dilakukan sehingga informasi di dunia industri dengan kurikulum SMK dapat saling melengkapi. Terlebih, pendidikan setingkat SMK istilah model “TEFA” wajib diimplemntasikan dengan harapan untuk lebih memantapkan peserta didik tahu kondisi riil di dunia industri yang ditampilkan langsung di lingkungan sekolah, mulai dari perencanaan, pengelolaan hingga pertanggung jawaban. Hal di atas, mulai dicoba oleh SMK N 1 Mas Ubud yang dalam kesempatan ini dimotori oleh Jurusan Akuntansi, mengundang PT Infiny Niaga Abadi sebagai guru tamu.  

A.A Sagung Damayanti, S.E, M.Pd selaku Ketua Unit Produksi SMK N 1 Mas Ubud menambahkan “ dengan kedatangan perwakilan dari PT Infiny Niaga Abadi sebagai guru tamu, kita mencoba untuk memberikan bekal kepada siswa mengenai strategi marketing. Selain itu, kita juga memberdayakan anak-anak Multimedia untuk meliput, secara tidak langsung arah TEFA anak-anak TI khususnya jurusan MM sudah tergambarkan lewat kegiatan ini, ujarnya.  

Apakah selesai sampai di situ? Tentu saja tidak gesss! Inovasi dan produksi tidak akan lengkap jika keahlian “Pemasaran” tidak dimiliki, maka kiat-kiat marketing serta teori-teroi seorang wirausahawan yang diberikan Owner sekaligus CMO Bapak Jimmy Lukito patut untuk disimak. Lewat pemaparannya diharapkan peserta didik memperoleh gambaran menjadi wirausahawan. Perusahaan yang bergerak dibidang air kemasan ini mencoba memberikan pemahaman kepada siswa bahwa berwirausaha dapat dilakukan mulai dari hal yang sederhana, mudah diperoleh namun tetap mengutamakan kualitas.

Ni Putu Erna Surih Virnayanti, S.E. M.Pd juga memberikan komentarnya, kata Erna “penjelasan Guru Tamu dari PT Infiny Niaga Abadi merupakan implementasi matapelajaran PKK yang saya ampu. Lanjutnya Erna juga berharap anak-anak SMK N 1 Mas khususnya, siap untuk berwirausaha, bekerja dan melanjutkan. Memiliki mental wirausahawan yang tangguh, kreatif dan inofatif sesuai dengan kebutuhan dunia industri”.

Diakhir sesi, pelantun “Janda Melengis” Adi Wisnu menyapa sekaligus memberikan motivasi kepada peserta didik yang hadir!! Hmmm siap yang hafal lagunya Adi Wisnu???............!

Gimana?.... mantapkan? Kita tunggu kompetensi lain bergerak untuk menunjukan TEFA mereka, sehingga model TEFA SMK N 1 Mas Ubud benar-benar dapat terealisasi.

--------------------

#SMK#BISA#HEBAT#

#STIK#MAS#MANTAP#

 


TAG

Tinggalkan Komentar