Logo
images

CHARACTER BUILDING MATERI HARI KE DUA DAN TIGA GURU TAMU DI JURUSAN AKOMODASI PERHOTELAN

7 dan 8 Desember 2021 giliran peserta didik kelas X Program Keahlian Akomodasi Perhotelan yang mendapatkan pembekalan dari Bapak I Wayan Arta Artana, A.Ma., S.E., M.M. Selaku Assesor Kompetensi  Dr LSP PARINDO. Berbeda dengan hari sebelumnnya materi kali ini lebih mengarah ke pembangunan karakter “character building. Pas banget memang materi ini diberikan kepada peserta didik kelas x, selain masih berada pada masa transisi jenjang sekolah, dampak PJJ sedikit tidaknya berpengaruh terhadap perkembangan karkter mereka.

Tapi sebelum lanjut apa sih character building itu?! Singkatnya dalam kontek pendidikan character building dapat diartikan sebagai proses untuk membina, memperbaiki dan membentuk karakter peserta didik sesuai dengan norma agama dan sosial. Tujuanya? Sudah jelas, agar nantinya peserta didik dapat melihat, mengasah dan sampai memgembangkan potensi dalam dirinya. Apalagi berbicara SMK dan juga program keahlian AP.

Pembangunan karakter “character building” secara tidak langsung akan berdampak bagi peserta didik pada saat di dalam kelas, tempat magang hingga lulus nanti, karena dengan pondasi yang baik maka baik pula hasil yang diperoleh.

Oleh sebab itu pemaparan Bapak I Wayan Arta Artana, A.Ma., S.E., M.M sangat-sangat menekankan terhadap pembentukam karakter tersebut, karena dampaknya akan sangat besar di kemudian hari, kata beliau “jelas kan untuk membangun karakter yang bermutu dan unggul. Karena kesuksesan seseorang dimulai dari pembentukan karakter. Maka dari itu sejak dari bangku sekolah harus mendapat pembentukan karakter yang baik”.

Bagaimana sangat penting bukan, sehingga penekanan pada ranah “karakter” ke arah yang positif  akan meminimalisir munculnya budaya “nerabas”. Lalu bagaimana cara membangun dan menumbuhkan karater positif tersebut?! Gampang kok, dengan jalan mengkondisikan lingkungan sekolah dengan hal-hal positif juga, seperti tegur sapa, tidak membuang sampah sembarangan, tepat waktu dan contoh-contoh sederhana lainya.

------------------------------

#SMK#BISA#HEBAT#

#STIK#MAS#MANTAP#

 

 


TAG

Tinggalkan Komentar