Logo
images

BUDAYA KERJA, DAN AKUNTANSI BERBASIS WEB: PENYELARASAN KURIKULUM DI PROGRAM STUDI AKL

Untuk mencetak lulusan yang kompeten, dan siap bersaing di dunia kerja, apalagi di era 4.0, SMK N 1 Mas Ubud tahu betul apa yang harus di persiapkan. “Berbenah” mulai dari peremajaan sarana prasarana hingga penyelarasan kurikulum dengan pihak DUDI rutin dilaksanakan. Kali ini Program Keahlian Akuntansi Keuangan Dan Lembaga kembali menghadirkan bapak Dr. I Nyoman Darmayasa, Asean CPA., CPA., selaku Ketua Koordinator Wilayah Bali Nusa Tenggara Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI), dan perwakilan LMATS Consulting.

Kepala program Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Ibu Wayan Martini, S.Pd menekankan “Penyelarasan kurikulum merupakan agenda rutin yang diselenggarakan dengan mengundang pihak DUDI, sehingga penyelarasan kurikulum sesuai dengan tuntutan dan budaya kerja. Kurikulum yang selaras dengan DUDI menghasilkan lulusan dengan capaian pembelajaran (CP) yang memiliki kompetensi dan etos kerja sesuai dengan kebutuhan DUDI. Dalam kegiatan tersebut dilakukan pembahasan pada struktur kurikulum, baik kurikulum 2013 maupun kurikulum 2013. Info singkat beliau.

Dalam kesempatan yang baik itu juga, Perwakilan IAPI, Dr. I Nyoman Darmayasa, Asean CPA., CPA. menekankan pentingnya menanamkan kode etik akuntan profesional sejak dini pada struktur mata pelajaran yang mengandung CP Etika Profesi di bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Bagian terpenting dari etika pada siswa SMK berupa kompetensi dan kehati-hatian profesional melalui pemutahiran referensi bahan mata pelajaran sesuai dengan yang berlaku pada aspek akuntansi maupun perpajakan. Penyeimbangan hard skill dengan soft skill terwujud melalui kemampuan akuntansi dan perpajakan yang mutahir diimbangi dengan optimalisasi digitalisasi. Tegasnya.

Selain “membudayakan” kerja yang professional, peserta didik khususnya Program Keahlian Akintansi Dan Keuangan Lembaga di SMK N 1 MAS UBUD harus melek teknologi, oleh sebab itu alangkah baiknya jika peserta didik juga diajarkan menggunakan komputer akuntansi berbasis web, tambah perwakilan dari LMATS consulting.

--------------------------

#SMK#BISA#HEBAT#

#STIK#MAS#MANTAP#

#TEAM#AKL#2022#

 


TAG

Tinggalkan Komentar