Ada yang Baru Nih!
Rab. Apr 10th, 2024

“TEFA DAN INTEGRATED SYSTEM” TAJUK STUDI TIRU DAN BERBAGI PRAKTEK BAIK DI SMK N 1 MAS UBUD

By Admin Indra Des10,2023

Sobat Inovatif,

Kamis, 7 Desember 2023 bertajuk “studi tiru” perwakilan SMK N 3 Singaraja (STEMSI) bekesempatan mengunjungi SMK N 1 MAS UBUD (STIKMAS). Pada kunjungan kali ini, Kepala SMK N 3 Singaraja, Ibu Ni Nyoman Nilon, S.Pd, M.Pd tidak datang sendiri, beliau didampingi oleh Bapak I Gede Juliana, S.Pd, Bapak Gede Putra Kusuma, S.T.,M.Pd dan Bapak I Made Agus Andika Wardana, S.H,. Secara khusus, ke datangan perwakilan SMK N 3 Singaraja guna membahas beberapa hal terkait pelaknsanaan TEFA di SMK N 3 Singaraja dan penerapan “integrated system” di SMK N 1 Mas Ubud.

Bertempat di ruang pertemuan, acara di buka oleh Kepala SMK N 1 Mas Ubud, Bapak I Komang Purwata, S.Pd, M.Pd. Beliau menekankan pentingnya kolaborasi, kita (SMK N 1 Mas Ubud) dan SMK N 3 Singaraja, kedua instansi ini telah menjalin kerjasama yang cukup lama. Diharapkan kerjasama ini akan terus berlanjut di segala hal, yang tentunya akan memberikan kontribusi baik dalam duina pendidikan.

Masih dalam ruangan yang sama, namun dalam waktu yang berbeda. Kepala SMK N 3 Singaraja, Ibu Ni Nyoman Nilon, S.Pd, M.Pd berkesempatan berbagi hal baik yakni pelaksanaan TEFA yang diterapkan di SMK N 3 Singaraja. Audiens yang terdiri dari guru produktif SMK N 1 Mas Ubud nampak antusias mengikuti kegiatan ini. Disela-sela sharing, Beliau menekankan agar apa yang kita targetkan dapat tercapai secara maksimal diperlukan iklim kerja yang nyaman. Beliau tidak ragu untuk menjadikan sososk KI Hajar Dewantara sebagai inspirasi dalam memimpin. Seorang pemimpin adalah pelayanan masyarakat, dalam hal ini yang kita layani adalah siswa. Agar pelayanan terhadap siswa maksimal harus didukung oleh pendidik dan tenaga pendidikan yang disiplin dan siap berubah, sehingga dampak positif tersebut berimplikasi ke segala lini termasuk perspektif masyarakat tentang STM, yang sudah berubah menjadi lebih humanis. Imbuh Ibu Ni Nyoman Nilon, S.Pd, M.Pd.

Selain berbagi praktik baik mengenai TEFA, Perwakilan SMK N 3 Singaraja juga berkesemapatan melakukan “studi tiru” mengenai Integrated System yang diterapkan di SMK N 1 Mas Ubud. Integrated system dalam manajemen berbasis teknologi di sekolah mengacu pada penggunaan teknologi informasi yang terintegrasi untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan transparansi dalam operasional sekolah. Sistem ini dirancang untuk mengelola berbagai aspek kegiatan sekolah, termasuk administrasi, pembelajaran, komunikasi, dan pemantauan kinerja. Penerapan Integrated systemdi SMK N 1 Mas Ubud inilah yang ingin di bagi kepada SMK N 3 Singaraja. Secara singkat, gambaran penerapan Integrated systemdi SMK N 1 Mas Ubud dijelaskan oleh Bapak IGN Hendrik Darmawan, S.Pd, bahwa sistem ini terintegrasi satu sama lain. Saya contohkan seperti pembelajaran dengan menggunakan e-learning, sistem absensi yang sudah terintegrasi dengan whatshap, sistem monitoring siswa prakrin, sistem pemantauan siswa oleh BK dan aplikasi e-raport.

Lebih lanjut Bapak Hendrik sapaan beliau mengungkapkan sistem yang ada dan berjalan dari awal di gagas oleh Bapak I Komang Purwata sebelum beliau menjabat sebagai Kepala Sekolah yang di backup oleh tim IT SMK Negeri 1 Mas Ubud. Pada dasarnya dari awal sampai sistem ini bisa berjalan seperti sekarang banyak menemui kendala mengingat perubahan paradigma dari manual ke digital. Kuncinya agar semua sistem yang dibuat dapat berjalan maksimal adalah konsistensi dari seluruh warga sekolah untuk menopang sistem tersebut. Saya pribadi merasa sangat tersanjung Sekolah sekaliber SMK Negeri 3 Singaraja yang merupakan sekolah senior dengan segudang prestasi mau bekerjasama dan berbagi pengetahuan bahkan melakukan studi tiru ke SMK Negeri 1 Mas Ubud. Lewat pengalaman yang luar biasa ini, saya berharap dikemudian hari pengaplikasian Integrated System di sekolah kami dapat ditingkatkan, kemudian hal baik ini tidak ragu untuk kami bagi ke sekolah-sekolah yang ingin menerapkannya demi kemajuan sisitem pendidikan. Tutup PIC IT SMK N 1 Mas Ubud, Bapak IGN Hendrik Darmawan, S.Pd.


#SMK#N1#MAS#UBUD#

#KOMPETEN#INOVATIF#SIAPKERJA#

PIC-DOK : TIM IT& TIM REDAKSI STIKMAS

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *