Ada yang Baru Nih!
Rab. Apr 10th, 2024

“AKSARA NULI MASA” RAIH PERINGKAT 2 PADA LOMBA MAKANTISASTRA BAHASA BALI KABUPATEN GIANYAR TAHUN 2023

By Admin Indra Des8,2023

Sobat Inovatif,

Film Aksara Nuli Masa garapan tim Aruna berhasil raih peringkat 2 pada lomba MakantisastraBahasa Bali Kabupaten Gianyar Tahun 2023. Tim yang dimotori oleh Berliana DKK mengusung tema Bali Simbar, yang mana merupakan “embrio” masuknya Aksara Bali pada ranah digital. Diharapkan Bali Simbar mampu menginspirasi dan membangkitkan gairah generasi muda untuk berinovasi menguatkan posisi Aksara Bali secara digital dengan berbagai cara di antaranya formulasi font Aksara Bali dan KeyboardAksara Bali yang akan mempermudah masyarakat untuk memanfaatkan Aksara Bali secara digital. Dari perkembangan ini mudah-mudahan menjadi pertanda bahwa Aksara Bali mampu bertahan menghadapi perkembangan jaman, imbuh Bapak I Made Sujana selaku tim pembimbing pada akhir kalimat.

Tahun ini, Makantisastra mengusung tema “Aksara Mulaning Kahuripan”, yang kalau ditelaah dari perspektif awam diartikan bahwa proses kehidupan manusia, khususnya di Bali diawali dengan aksara. Pasrisipan tim SMK N 1 MAS UBUD pada ajang Makantisastra tahun 2023 mengirim 3 tim terbaik “Lucius, Community Visual dan Aruna. Kerja keras ketiga tim SMK N 1 MAS UBUD terbayar saat ketiganya masuk 10 besar, dan yang membuat semakin bangga adalah keberhasilan tim Aruna meraih juara 2.

Hasil maksimal yang diperoleh tidak terlepas dari semangat serta dukungan yang diberikan kepada tim ujar Bapak I Made Alus DN. Beliau juga menambahkan, dalam proses penggarapan film ini, ketiga tim menemukan banyak sekali kendala, hambatan dan konflik internal yang memberi tekanan secara fisik dan psikis. Bersyukur akhirnya ketiga film selesai tepat waktu. Meski demikian perlu kita evaluasi lagi karena kita sadar, meski telah rampung perbaikan dan penyempurnaan sebelum kita kirim harus dilakukan. Semoga hasil karya film siswa siswi SMK N 1 MAS UBUD, dapat menambah ilmu dan pengetahuan kita terhadap perkembangan bahasa, sastra dan aksara Bali, serta sebagai media pembelajaran untuk kita semua, tutup beliau.


#SMKN1MASUBUD#

#KOMPETEN#INOVATIF#SIAPKERJA#

#TIM#MM#

PIC-DOK: @TIM MM- @TIM REDAKSI SMK N 1 MAS UBUD

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *