Ada yang Baru Nih!
Ming. Agu 25th, 2024

MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM MEMBUAT KARYA SENI RUPA DUA DIMENSI GAMBAR BENTUK

NAMA : I DEWA MADE SUDANA

NIM      : 202200010281

——————————————————

Latar belakang permasalahan siswa terkait “Rendahnya Minat Belajar Siswa dalam membuat karya seni rupa dua dimensi gambar bentuk

Adapun faktor-faktor yang menyebabkannya sebagai berikut :

Faktor Internal

  1. Kurangnya motivasi siswa dalam membuat karya seni rupa dua dimensi gambar bentuk

 Faktor Eksternal

  1. Guru masih menerapkan metode dan model pembelajaran yang belum sesuai dengan kebutuhan karakteristik siswa
  2. Kurangnya dukungan atau pengenalan dari orang tua terhadap karya seni rupa dua dimensi gambar bentuk

Setelah diidentifikasi masalah, penyebab masalah dan wawancara terhadap beberapa pihak terkait, ada beberapa tantangan diantara lain:

  1. Siswa masih belum termotivasi dalam mempelajari dan membuat karya seni rupa dua dimensi gambar bentuk
  2. Guru belum memberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai karya seni rupa dua dimensi gambar bentuk
  3. Kurangnya kepercayaan diri siswa dalam membuat karya seni rupa dua dimensi gambar bentuk
  4. Guru belum menerapkan metode dan model pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan karakteristik siswa

Kurangnya dukungan atau pengenalan dari orang tua terhadap karya seni rupa dua dimensi gambar bentuk Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menghadapi tantangan

tersebut antara lain :

  1. Memberikan stimulus dengan menayangkan video motivasi yang berkaitan dengan karya seni rupa dua dimensi gambar bentuk
  2. Menerapkan metode tutor sebaya untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa
  3. Menerapkan metode demostrasi, imitasi, drill dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL)

Dukungan orang tua serta pengenalan terhadap karya seni rupa dua dimensi gambar bentuk Pemberian stimulus, motivasi, penerapan metode –dan model pembelajaran PBL dan PjBL yang tepat dapat Meningkatkan Minat Belajar Siswa terhadap karya seni rupa dua dimensi gambar bentuk Respon pihak-pihak terkait seperti kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua sangat baik dan mendukung upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap karya seni rupa dua dimensi gambar bentuk Faktor keberhasilan dan ketidakberhasilan terhadap strategi yang dilakukan diantaranya keterbatasan waktu belajar dan latihan, kegiatan yang berkesinambungan dapat melatih kepercayaan diri siswa dan kecintaan siswa terhadap karya seni rupa dua dimensi gambar bentuk.

By admin

Related Post