Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional (GSMB Nasional) adalah sebuah program pengembangan literasi sekolah, yang memfasilitasi seluruh siswa dan guru jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK dan sederajat untuk dapat menerbitkan buku berISBN, mendapatkan pelatihan dan sertifikasi kompetensi, pendampingan pengembangan program literasi, serta kompetisi berliterasi paling bergengsi di tingkat nasional.

Program GSMB Nasional dipersembahkan bagi sekolah-sekolah di seluruh Indonesia guna menjadi solusi sekaligus wahana untuk mengakselerasi kualitas budaya literasi dan mutu pendidikan secara lebih efektif, efisien dan penuh suka cita. Program yang diselenggarakan oleh Nyalanesia ini merupakan agenda tahunan yang telah terselenggara sejak tahun 2016. Berkolaborasi dengan berbagai instansi pendidikan, pemerintah dan perusahaan peduli literasi, program GSMB Nasional telah diikuti 1.378 sekolah dari 33 Provinsi, dan berhasil membantu lebih dari 280.000 pelajar dan pendidik Indonesia untuk menerbitkan 3.000 judul buku bersama.

GSMB gelombang 5 berlangsung dari tanggal 1 September- 2 November 2021 dan diikuti oleh 50 peserta siswa SMK N 1 Mas Ubud sebagai peserta menulis puisi dan 1 orang guru sebagai peserta menulis artikel populer. PT. Nyalanesia memberikan kesempatan sekaligus memberikan wadah untuk kami dalam berkarya dan menuangkan ide serta imajinasi kami dalam menulis.

Lebih lanjut Ibu Ni Putu Eka Aprilyani, S.Pd selaku pembimbing penulisan puisi sekaligus penulis artikel berkomentar “Meskipun kami belum meraih juara, akan tetapi kami sangat senang dan bangga karena hasil karya kami akan dipamerkan di perpustakaan nasional dan dipasarkan ke toko-toko buku yang ada di seluruh Indonesia”.

————————–

Eka Aprilyani

#SMK#BISA#HEBAT#

#STIK#MAS#MANTAP#

By admin

Related Post