Logo
images

SMK N 1 MAS GELAR SERANGKAIAN KEGIATAN UNTUK MEMERIAHKAN BULAN BAHASA BALI IV TAHUN 2022

STIK MAS INFO- SMK N 1 Mas Ubud kembali menggelar serangkaian kegiatan untuk memeriahkan Bulan Bahasa Bali IV tahun 2022. Meski kembali menerapkan sistem PJJ akibat peningkatan kasus Covid-19, tidak menghentikan antusiasme SMK N 1 Mas Ubud untuk ikut memeriahkan Bulan Bahasa Bali IV tahun 2022.

Bulan bahasa Bali IV tahun 2022 kali ini mengusung tema “Danu Kerti: Gitaning Toya Ening”, Air sumber pengetahuan, yang bermakna Bulan bahasa Bali sebagai reperesentasi pengetahuan yang mengalir tiada henti. Sejumlah agenda yang melibatkan seluruh warga sekolah telah dipersiapkan untuk memeriahkan Bulan Bahasa Bali IV tahun 2022 di SMK N 1 MAS UBUD. Mulai dari Lomba (Wimbakara) Matembang Lagu Pop Bali, Lomba (Wimbakara) Pidarta Bahasa Bali, Lomba (Wimbakara) Makakawin, Lomba (Wimbakara) MC dan lain sebagainya.

Rencananya secara resmi pembukaan Bulan Bahasa Bali di SMK N 1 MAS UBUD akan dilaksanakan Selasa, 15 Februari 2022 secara virtual. Kegiatan ini akan berlangsung hingga senin, 21 Februari 2022.

Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali memiliki tujuan untuk melestarikan, pengembangan, dan pemajuan bahasa, aksara dan sastra sastra Bali. Diwakili oleh Waka Bidang Kesiswaan SMK N 1 Mas Ubud Bapak I  Made Astawa, SS, pelaksanaan Bulan Bahasa Bali di SMK N 1 MAS UBUD sangat penting dan harus melibatkan seluruh warga sekolah, serta memberikan dampak bagi pelestarian budaya Bali, secara singkat beliau mengatakan bahwa “rasa angayubagia manah lan dahat gargita ring utsaha Pamerintah Ptovinsi Bali sane sampun nyinahan lan nincapan utsaha gumanti nincapan lan ngajengan Bahasa, Aksara Lan Aksara Bali melarapan antuk nitahang lembaga sami sane magenah ring wewidangan Pemerintahan Provinsi Bali. Bulan Bahasa Bali puniki wantah matetujon ngajegang Bahasa, Aksara Lan Sastra Bali, tiyosan ring punika malarapan antuk ngajegan Bahasa, Aksara Lan Sastra puniki pastika iraga sampun ngamargiang swadharman iraga pinaka krama Bali sajeroning ngajegan budaya lan agama Hindu Bali”.

Dari serangkaian kegiatan yang akan dilombakan, secara teknis panita sudah menyiapkan sistem online dalam pelaksanaan lomba. Lewat TM yang sudah dilakukan, peserta lomba diwajibkan untuk menguplod hasil karyanya ke akun media sosial yang sudah disiapkan.

-------------------

#SMK#BISA#HEBAT#

#STIK#MAS#MANTAP#

 


TAG

Tinggalkan Komentar