Logo
images

SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL

LAHIRNYA HARDIKNAS

     Indonesia kembali memperingati satu di antara hari bersejarah dalam masa perjuangan menuju kemerdekaan, yakni Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Ditetapkannya tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional tidak terlepas dari jasa-jasa satu di antara tokoh dan Pahlawan Nasional Ki Hadjar Dewantara. Dikutip dari berbagai sumber, Ki Hadjar Dewantara merupakan pelopor berdirinya Perguruna Taman Siswa yang akhirnya menjadi cikal-bakal berdirinya lembaga pendidikan di Indonesia.

 

PELAKSANAAN HARDIKNAS 2020

     Tahun ini peringatan Hari Pendidikan Nasional diadakan dengan cara yang berbeda akibat adanya pandemi COVID-19. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagai panitia peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) telah mengeluarkan Pedoman Penyelenggaraan Hari Pendidikan Nasional untuk tahun 2020.  Melalui surat yang ditandatangani Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 42518/MPK.A/TU/2020 tanggal 29 April 2020, tahun ini Kemendikbud meniadakan penyelenggaraan upacara bendera yang biasanya rutin dilakukan, baik oleh satuan pendidikan, kantor instansi pusat dan daerah, serta perwakilan pemerintah Republik Indonesia di luar negeri. Hal ini dilakukan tak lain sebagai bentuk pencegahan penyebaran Coronavirus Disease 2019. Di dalam surat tersebut, Kemendikbud juga tetap akan menyelenggarakan upacara bendera Hardiknas pada tanggal 2 Mei 2020 pukul 08.00 WIB secara terpusat, terbatas. "Kemendikbud menyelenggarakan upacara bendera peringatan Hardiknas Tahun 2020 pada tanggal 2 Mei 2020 pukul 08.00 WIB secara terpusat, terbatas, dan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19 yang telah ditetapkan Pemerintah. Hal ini kita lakukan tanpa mengurangi makna, semangat, dan kekhidmatan acara

 

TEMA HARDIKNAS 2020

     Peringatan Hardiknas tahun ini mengambil tema "Belajar dari Covid-19", sedangkan logo serta sambutan Mendikbud dapat dilihat dan diunduh di laman http://kemdikbud.go.id.

Satuan pendidikan, kantor instansi pusat dan daerah serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri pun dihimbau ikut memeriahkan peringatan Hardiknas 2020 melalui media cetak, elektronik atau media sosial dengan menggunakan logo dan tema tersebut.

      "Namun, kami mengimbau untuk tidak mengadakan kegiatan/aktivitas peringatan Hardiknas 2020 yang mengakibatkan berkumpulnya orang banyak pada suatu lokasi," tegas Mendikbud.

Menurut Mendikbud, aktivitas/kegiatan alternatif untuk memperingati dan memeriahkan Hardiknas dapat dilakukan secara kreatif, menjaga dan membangkitkan semangat belajar di masa darurat Covid-19, mendorong pelibatan dan partisipasi publik serta mematuhi protokol kesehatan pencegahan dan penyebaran Covid-19.

      "Kami juga mengajak insan pendidikan untuk menyaksikan program peringatan Hardiknas 2020 'Belajar dari Covid-19' di TVRI pada Sabtu, 2 Mei 2020 pukul 19.00-20.30 WIB," ajak Mendikbud.

 

---------------------------------------

sumber:

https://www.tribunnews.com/pendidikan/2020/05/02/sejarah-hari-pendidikan-nasional-hardiknas-yang-diperingati-setiap-tanggal-2-mei

https://kumparan.com/kumparannews/hardiknas-di-tengah-pandemi-kemendikbud-angkat-tema-belajar-dari-covid-19-1tKUCK42h7M/full


TAG

Tinggalkan Komentar