Logo
images

DESIMINASI DAN SEMINAR SMK RUJUKAN

WELCOME BACK!

 

SALAM SMK BISA, STIKMAS MANTAP

 

     Sudah pada tau belom, kemarin diselenggarakan pameran kegiatan SMK Rujukan di SMK N 1 MAS-UBUD?. Bagi yang belum tahu.. mengapa ada pameran segala… mimin dengan baik hati kasi tau kalian bahwa sekolah tercinta kita merupakan salah satu SMK rujukan lohhh… SMK Rujukan??? Bingung ya… monggo di simak penjelasannya…

     “Mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2015 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2015-2019 salah satu program menyatakan bahwa setiap Kabupaten-Kota harus memiliki minima (satu) 1 Sekolah Menengah Rujukan atau Model. Dalam mewujudkan rencana tersebut diperlukan sebuah pembinaan kepada SMK yang selanjutnya untuk ditetapkan dan dikembangkan menjadi SMK Rujukan. Pengemabangan SMK Rujukan merupakan keharusan dalam menghadapi era globalisasi dan perdagangan bebas dewasa ini" (http://psmk.kemdikbud.go.id).

     Singkat cerita, SMK rujukan merupakan SMK yang menjadi model bagi SMK lainnya, artinya sekolah kita memiliki keunggulan, akses besar, efektif dalam pengelolaan institusi, pengimbasan sumber daya yang dimiliki dengan SMK aliansinya sehingga dapat mendukung program peningkatan dan pemerataan mutu SMK. Gimana MANTUL”kan!!!

     Ok, kembali ke topik!!! Setidaknya ada 6 hasil kegiatan yang dipamerkan di antaranya: 1) Peremajaan Perpustakaan, E-library, optimalisasi Web Sekolah, dan Pojok Baca di setiap kelas kegiatan tersebut terangkum dalam Gerakan Literasi Sekolah (GLS); 2) Penyelarasan Kurikulum Kejuruan dengan DU/DI; 3) Magang Industri yang dilakukan oleh dua orang guru yakni I Gusti Ngurah Nyoman Putrajaya, S.Kom, M.Pd dan Ni Putu Erna Surim Vinayanthi, SE, M.Pd; 4) Peningkatan Pendidikan Karakter (PPK); 5) Implementasi Peningkatan Mutu Penilaian, produknya berupa penyusunan soal HOT’s; 6) Pembelajaran Industri 4.0 dan E-Learning pada bagian ini dipamerkan pengaplikasian E-Learning dalam pembelajaran, dan penilaian dengan menggunakan aplikasi MPD. Tidak hanya itu, untuk lebih memeriahkan acara, maka dihadirkan pula pameran dari masing-masing jurusan yang ada di SMK N 1 MAS-UBUD seperti; 1) pameran dari anak-anak kecantikan (pedicure, make up), 2) produk kreatif siswa berupa Protokol Kripik Singkong, aneka olahan loloh seperti loloh cem-cem dan loloh jahe; 3) Fruit Carving dari anak-anak Akomodasi Perhotelan, dan  4) Rumah Pintar Serta Tongkat Pembantu Tunanetra yang dilengkapi sensor ditampilkan oleh anak-anak Robotik. Tamu undangan yang hadir dari berbagai kalangan gess… ada Ibu Luh Putu Suryanti, S.SOS. MAP perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Bali, I Made Ardana tokoh Masyarakat Desa Mas, I Wayan Sama Kepala SMP Kerta Budaya Mas, Ni Wayan Mastini Perwakilan dari Desa Mas, Ida Bagus Made Geria Guru SD Negeri 3 Mas serta beberapa undangan dari SMK Ganesha dan SMK Bali Paradise. Untuk lebih jelasnya kita intip keseruannya gess! Check it out!!

Pemaparan dari Bapak I Komang Purwata, S.Pd, M.Pd mengenai pengaplikasian E-Learning serta aplikasi MPD di SMK N 1 MAS-UBUD.  

 

Kali ini, stand produk kreatif siswa dikunjungi oleh Ibu Luh Putu Suryanti, S.SOS. MAP, pada stand tersebut nampak para siswa sedang mempromosikan produknya antara lain kripik singkong serta minuman herbal (loloh).

 

Ibu Ni Putu Erna Surim Vinayanthi, SE, M.Pd selaku guru magang,  nampak sangat bersemangat menjelaskan pengalamannya selama magang hingga melahirkan modul yang telah selesai disusun.


TAG

Tinggalkan Komentar